Sabtu, 12 Februari 2011

Daya Saing Kapal Indonesia


Produk-produk kapal buatan Indonesia telah diterima di pasar Intenasional dan terbukti bisa bersaing dengan kapal hasil produksi galangan kapal luar negeri. Ketua Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO), Harsusanto mengatakan, kapal Indonesia khususnya produk PT PAL sudah diterima dunia internasional karena kualitasnya.

Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan teknologi dan produksi industri perkapalan nasional sudah dapat bersaing dengan galangan kapal asing atau luar negeri. Namun, untuk bisa lebih bersaing pada masa akan datang diperlukan dukungan pemerintah yang saat ini telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) No 5 tahun 2002 tentang perkapalan nasional.

Dengan adanya Inpres tersebut katanya, maka timbul kebutuhan kapal yang sangat besar sehingga juga diperlukan dukungan dana oleh pemerintah seperti memberikan kemudahan pinjaman di perbankan. Saat ini industri perkapalan nasional membutuhkan investasi senilai sekitar Rp5,7 triliun guna peningkatan kapasitas.

Namun, tidak semua galangan kapal nasional yang sanggup mencari dana sendiri maka pada tahap awal perlu diberikan dukungan pendanaan dari pemerintah dengan skema yang memungkinkan.

Dengan semakin meningkatkan kinerja galangan kapal nasional maka perbankan nasional akan tertarik memberikan pendanaan sehingga industri perkapalan nasional tidak tergantung lagi dengan pemerintah, kata Harsusanto.

Kapal sebagai alat transportasi dan alat kerja berbagai bidang dan sebagai alat sistem pertahanan merupakan komoditas yang penting dan startegis serta sebagai infrastruktur pembangunan nasional.

“Oleh karena itu industri galangan kapal merupakan salah satu industri strategis dan industri masa depan yang penting untuk ditumbuh-kembangkan,” kata Harsusansto yang juga Direktur Utama PT PAL Indonesia itu.(*an)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms