Senin, 14 Februari 2011

Robot Pemadam Api Indonesia Akan Terbang ke Amerika

salah satu robot yang akan diikutkan dalam kompetisi robot dunia 10-11 April 2010

salah satu robot yang akan diikutkan dalam kompetisi robot dunia 10-11 April 2010

Bandung Satu lagi ajang even sains dan teknologi yang akan diikuti oleh negara Indonesia, Intelligent Fire-Fighting Robot Contest yang akan digelar di Trinity College, Hartford Connecticut pada tanggal 10-11 April 2010 mendatang. Robot-robot pemadam api buatan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Komputer Indonesia(Unikom) akan mencoba ikut dalam kompetisi tersebut.

Tim The Power of Dream teknik Elektro ITB berangkat kemarin, Selasa (06/03/10). Mereka membawa robot bernama Hexapod. Seperti namanya, robot berkaki enam mirip dengan laba-laba setinggi tiga sentimeter itu akan beradu di kategori robot berkaki.

Seperti dilansir dari tempointeraktif.com, Ketua Tim, Doddy Suhendra mengatakan bahwa misi robot yang akan diikutkan dalam kompetisi ini adalah sebagai pemadam api. Dalam arena nanti akan terdapat kotak labirin berukuran 2,5 x 2,5 meter. Robot ITB akan menjalani misi pemadaman api di sebatang lilin setinggi 20 cm dengan kipas kecil di tubuh robot. “Dia harus bisa navigasi sendiri untuk mencari titik api,” kata Doddy, Rabu (07/04/10).

Sedangkan tim Unikom akan turun di dua kategori, yaitu robot beroda dan robot berkaki. Menurut dosen pembimbing Taufiq Nuzwir Nizar, mereka memakai empat robot utama dan cadangan bernama DU-114, DU-114 I10, DU-116, dan Next-116. Tim peraih medali emas dalam kompetisi robot internasional di San Francisco pada 2009 lalu terus memperbaiki kecepatan robot.

Dalam kontes robot tersebut Indonesia diwakili tiga tim dari ITB, Unikom, dan Universitas Negeri Surabaya.

(Diolah dari tempointerakfif.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms