Jumat, 18 Februari 2011

Paripurna X-302V, Robot Tercanggih Buatan Indonesia

Robot Tercanggih Buatan Indonesia – Masih ingat dengan robot Sewayang yang diluncurkan oleh PLN beberapa bulan yang lalu? Robot Sewayang ini dibuat untuk meringankan pekerjaan pegawai PLN, karena punya kemampuan untuk melakukan beberapa pekerjaan yang sulit dilakukan oleh manusia, misalnya membersihkan konduktor yang kotor.

Paripurna-X-302V-Tidur

Robot Paripurna X-302V mendemonstrasikan mode ‘Tidur’

Peluncuran robot Sewayang tersebut merupakan sukses besar bagi bidang teknologi di Indonesia. Berbekal kesuksesan PLN inilah, DPR juga memutuskan untuk meluncurkan robot yang diberi nama Paripurna X-302V.
Robot Paripurna X-302V ini jauh lebih canggih dari robot Sewayang, karena dirancang untuk mampu berpikir dan mengambil keputusan seperti layaknya manusia. Kemampuan utama dari robot Paripurna X-302V ini adalah membawa aspirasi rakyat.
Dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang nyaris sempurna, Robot Paripurna X-302V mampu menggantikan tugas-tugas anggota DPR. Berbasiskan Sistem Operasi Android (Android OS) buatan Google, Paripurna X-302V menggunakan Event-Detection System untuk mendeteksi event-event tertentu, dan bereaksi melakukan tindakan yang harus dilakukan.
Misalnya, saat mendeteksi situasi ‘Sidang Paripurna’, robot ini akan mengaktifkan mode ‘Tidur’. Kemudian jika ia mendeteksi situasi ‘Beda Pendapat’, maka mode ‘Brutality’ akan diaktifkan. Hal-hal yang bisa dilakukan oleh robot X-302V dalam mode Brutality termasuk melepaskan bogem mentah dan melempar kursi dengan akurasi tinggi ke arah target.
Satu lagi keunggulan dari robot Paripurna X-302V ini adalah kemampuannya untuk studi banding ke luar negeri. Saat mendeteksi situasi ‘Studi Banding’, X302-V akan mengaktifkan mode ‘Jalan-Jalan’ dan ‘Belanja’.
Dalam Pemilu mendatang, partai-partai politik telah setuju untuk mengganti semua calon legislatif mereka dengan robot Paripurna X-302V. Bahkan untuk rencana jangka panjang, X-302V juga diproyeksikan untuk menggantikan semua menteri dalam Kabinet.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms