Minggu, 20 Februari 2011

Produk hebat made in Indonesia

OTOMOTIF

1. Gea




Gea merupakan produk dari PT inka yang ditujukan untuk menggantikan kancil di ibu kota dan juga bagi masyarakat pedesaan untuk menggantikan sepeda motor.




Mobil ini bermesin 640cc EFI berbahan bakar gas buatan BPPT. Setiap liter bahan bakar dapat menggerakan mobil ini sejauh 30km.


2. Tawon

Tawon merupakan produk dari PT Super Gasindo Jaya, sama halnya dengan GEA mobil ini ditujukan bagi masyarakat pedesaan untuk mengantikan sepeda motor sebagai alat transportasi utama.

Tawon memiliki dua varian yaitu tawon minibus dan tawon transformer (Pick-up). Untuk varian minibus tawon dibekali mesin 650cc berbahan bakar CNG buatan cina sedangkan transformer dibekali mesin 500cc bensin buatan BPPT.

Untuk harga kedua produk hanya dibanderol 45 juta on the road untuk minibus dan 35 juta on the road untuk transformer. Dan saat ini kedua produk telah dipesan lebih dari seribu unit dalam sebulan

3. Komodo
Komodo merupakan produk dari PT FIN Komodo. Komodo ini adalah off-road utility vehicle dengan 4 roda dan merupakan buatan Indonesia. Mobil buggy ini menggunakan mesin 250 cc 4-tak yang menghasilkan tenaga 16,7 dk dan torsi maksimum 17,6 Nm pada 5.500 rpm berpasangan dengan transmisi otomatis 3-speed CVT. Mobil ini dibanderol 60 juta on the road.

Saking larisnya para pembeli produk ini harus rela inden hingga berbulan-bulan. Untuk mengatasinya saat ini komodo tengah mempersiapkan produk baru bermesin 640cc bekerjasama dengan PT.inka untuk diproduksi bersama-sama.


PERTAHANAN

PT PINDAD
1. Panser Anoa


Panser Anoa merupakan hasil produksi dari PT PINDAD yang merupakan lisensi dari Renault prancis. Dan saat ini kendaraan tempur ini telah di export ke berbagai Negara.

2. SS-2


SS-2 merupakan singkatan dari senapan serbu generasi kedua produksi PT PINDAD. Senjata ini mampu menembak dengan akurat hingga jarak 10 meter.

PT PAL
LPD KRI BANJARMASIN

Kapal ini merupakan kapal perang jenis LPD pertama buatan PT PAL yang merupakan lisensi dari korea selatan dengan penambahan funsgsi siluman yang murni hasil disain PT PAL yang mengacu pada disain KRI kelas sigma yang merupakan kapal perang siluman yang juga pernah diproduksi oleh PT PAL.

PT DI
1. CN-235
Pesawat ini adalah pesawat angkut militer yang merupakan produk unggulan dari PT DI. Pesawat ini juga memiliki versi intai maritim CN-235 MPA yang merupakan hasil modifikasi dari pesawat ini.
CN-235 MPA



2. T-50 GOLDEN EAGLE
Pesawat ini adalah pesawat jet tempur pertama dari PT DI hasil kerjasama dengan korea selatan. Pesawat ini akan diproduksi untuk menggantikan pesawat Hawk milik TNI-AU yang sudah tua.

3. FSX -CONCEPT
Selain pesawat tempur T-50 PT DI juga berencana membangun pesawat tempur siluman bersama korea selatan dan diharapkan pada tahun 2020 dapat segera diproduksi untuk menggantikan F-16.


PERKERETAAPIAN
PT INKA


1. KRDI

KRDI adalah produk terbaru dari PT INKA dimana rankaian ini memiliki dua lokomotif penggerak depan dan belakang dengan teknologi Diesel Hydrolic yang mampu menghasilkan tenaga 1500hp. Dan kereta ini murni rancangan dari PT INKA bukan dari hasil lisensi.

2. KRDE
KRDE merupakan hasil modifikasi dari KRLI dengan menambahkan generator bermesin Diesel. Dengan teknologi ini KRDE dapat melaju di lintasan tanpa jaringan listrik.

3. KRLI
KRLI merupakan singkatan dari kereta rel listrik indonesia. nemang pada saat ini kereta ini hanya melayani rute Bekasi - Tanjumg Priuk dan jumlahnya tidak sebanyak KRL Tokyo Metro eks jepang yang banyak berseliweran di jabodetabek.


TEKNOLOGI INFORMASI

Nusa Programming Language

Nusa Programming Language buatan seorang pakar IT kita Bernaridho I. Hutabarat.
Beliau seorang ahli dalam bidang database di Indonesa. Lulusan Informatika ITB yang melanjutkan kuliah non gelar di Jepang serta S2 di Inggris, dan juga pernah menjadi dosen di STT Telkom.


Berangkat dari keinginan ingin memudahkan orang mengerti suatu bahasa pemrograman dengan cepat, diciptakannyalah Bahasa Nusa ini. Translator (compiler, linker, interpreter) Nusa ini sudah selesai dibuat.
Keseriusan pembuatan Nusa ini ditandai dengan target yang dipasangnya yaitu “akan dipakai oleh banyak orang diseluruh dunia”.

Chipset Wimax Xirka

Chipset Wimax Xirka adalah sebuah chip yang dibuat oleh orang Indonesia asli. Bukan usaha mudah memang membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka yang dikawal beberapa engineer Indonesia ini mulai dikembangkan pada 2006.

Xirka direncanakan sesuai dengan kebutuhan IT di Indonesia maupun Internasional. Generasi pertama Xirka berupa chipset untuk Broadband Wireless Access (BWA) yang sesuai standard WiMAX Forum IEEE 802.16e-2005. Generasi ini diluncurkan pada awal 2009. Chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax.

4 komentar:

Iwan Basuki, S.Pd. mengatakan...

Aku Bangga pada karya Indonesia. Mari kita ramaikan produk teknologi indonesia mulai hari ini dan seterusnya. Jadikan Inonesia Macan Dunia.

Arif V-room mengatakan...

Ya smoga bisa lebih baik lagi..

Abe mengatakan...

Gw bangga dengan produk Indonesia!!

Sbenarnya sudah lama Indonesia bisa bangun dan kembangkan produk2 dalam negeri, tapi pihak asing yg ga senang segera menyetop progres ini melalui krisi moneter 1997-1998. Jadinya sekarang, kita kayak mulai dari awal lagi.

Yang diperlukan sekarang adalah dukungan dari pemerintah. R&D itu ga murah lho. Tapi kalo pemerintah dukung, industri dalam negeri bisa benar2 maju. Saat ini PT PAL, PT Pindad dan PTDI masih kelabakan kalo barang yg dipesan sangat banyak, karena kapasitas produksi mereka masih rendah. Hal ini perlu jadi perhatian pemerintah biar kita bisa ekspor. Contoh kasus yg lalu, PT Pindad ga menyanggupi pesanan peluru dari AB Amerika. PTDI kena denda karena terlambat mengirim pesawat CN-235 MPA ke Korsel, dll

Semoga saja pemerintah Indonesia lebih senang membeli produk dalam negeri untuk kebutuhan sipil maupun militer. Bukan malah membeli barang second dari luar negeri.

Unknown mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga
Yamaha Bison 2014

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms