Sabtu, 12 Februari 2011

ITS Bangun Pusat Robotika Rp.50 Milia



SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai membangun Pusat Ilmu Robotika Nasional di kawasan Techno Park (Taman Teknologi) ITS yang menelan dana APBN sebesar Rp.50 miliar.

"Pemancangan sudah dimulai dan kami targetkan akan selesai pembangunannya pada tahun 2009 ini dengan serangkaian penyempurnaan pada tahun berikutnya," kata Rektor ITS Priyo Suprobo di Surabaya, Rabu (13/5).

Pusat Ilmu Robotika Nasional dukungan Depdiknas dan dana APBN itu akan dilengkapi tujuh laboratorium. Pusat Ilmu Robotika Nasional itu akan memiliki laboratorium mekatronika, seni, uji ICT sehingga ada sentuhan seni yang membuatnya tidak kaku, disamping juga memiliki sisi humanisme atau sosio-teknologis, katanya.

"Kami juga akan semakin tertantang untuk mengembangkan teknologi robotika secara lebih baik dan kemungkinan akan dikembangkan studi robotika secara "double degree" dengan universitas lain di luar negeri, salahsatunya Jepang," katanya.

Ia menyatakan Pusat Ilmu Robotika Nasional itu juga akan diproyeksikan untuk memberi kontribusi bagi dunia Industri dan Militer.

Kalangan industri dapat melakukan riset di Pusat Ilmu Robotika Nasional dan kalangan militer bisa memanfaatkannya sebagai teknologi penunjang alutsista, `output`nya adalah kalangan industri tertarik dengan otomatisasi dan keamanan berdaya guna.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms